Sabtu, 13 Juli 2019 – SMP Islam Mentari Indonesia memengadakan Rapat Awal Tahun (RAT) Pelajaran 2019-2020. RAT wali murid baru kelas 7 diadakan di aula bersama ketua Yayasan Mentari Indonesia Jaya, Direktur Pendidikan, Kepala Sekolah, Dewan Guru beserta POMG. RAT dipandu oleh MC Mis Tiwi dan dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Mis Tilka dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars Mentari Indonesia.

Dalam sambutan disampaikan Kepala Sekolah, Mis Titin Suwastini, S.Pd. menyampaikan ucapan selamat datang kepada wali murid baru SMPI Mentari Indonesia tahun pelajaran 2019 / 2020. Ucapan rasa syukur atas kepercayaan dan terimakasih kepada wali murid serta himbauan kerjasama dengan orang tua untuk mendidik anak baik di rumah dan di sekolah semoga bisa mencapai tujuan bersama antara orang tua dan sekolah. Sambutan selanjutnya oleh ketua POMG, Ibu Yani Maryati, S.Pd. dengan ucapan rasa syukur bisa berkumpul di rapat ini kita bisa bersilahturahmi. Tiga hal dasar utama yang perlu dijalin oleh kita bersama : ibadah dan akhlaq agar hasil akhir yang kita dapatkan ialah kita menjadi bahagia (baik dari segi anak maupun orang tua).

Sambutan selanjutnya oleh Ketua Yayasan Mentari Indonesia Jaya, bapak H. Nurdjaya, SH. Penyampaian sambutan mengenai : Dasar filosofi berdirinya sekolah ini, Visi Yayasan, Visi sekolah. Yayasan menyampaikan bahwa pentingnya akuntabilitas bagi penyelenggara lembaga pendidikan agar terjalin komunikasi yang baik antar lembaga dengan orang tua murid. Selanjutnya penyampaian profil sekolah dan tata tertib disampaikan oleh wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Pak. Aminudin, S.Pd.I. meliputi: Visi dan Misi SMPI Mentari Indonesia, keunggulan Mentari, kegiatan-kegiatan sekolah, prestasi sekolah, serta program-program sekolah.

Dalam RAT juga disampaikan materi Pendidikan Dasar Mentari Indonesia oleh Direktur Pendidikan Sekolah Islam Mentari Indonesia, Pak. Bhayu Sulistiawan, S.Pd.I. meliputi: Landasan filosofis integrasi iman-ilmu-akhlaq, kesesuaian landasan filosofis dengan Pasal dalam UU Sisdiknas, orang-orang yang akan menuntut ilmu akan ditinggikan derajatnya. Disampaikan juga bahwa model pembelajaran yang dikembangkan di Mentari Indonesia adalah model ISLAMI. Nilai-nilai yang dibangun sesuai dari kata MENTARI
– M usyawarah
– E xcelent
– N etwork
– T eamwork
– A manah
– R espect
– I nnovatove

RAT ditutup dengan pembacaan doa oleh pak Waliyadin Sholeh, S.Pd.I kemudian dilanjutkan perkenalan dengan wali kelas di masing-masing bersama wali murid.