SMP Islam Mentari Indonesia – Dalam rangka mensyukuri nikmat akan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) segenap civitas akademik mengadakan pengajian motivasi Islami dengan tema “Sukses Mendidik Anak Dan Sukses UN”. Tema tersebut terintegrasi dengan kegiatan menjelang Ujian Nasional (UN). Di pengajian ini juga diadakan doa bersama untuk UN serta mendoakan keberangkatan pimpinan yayasan yang akan melakukan perjalanan dakwah ke beberapa negara. Dalam kegiatan ini juga disampaikan sosialisasi UN dan kriteria kelulusan oleh kepala sekolah bapak Bhayu Sulistiawan, S.Pd.I.

Dengan dihadiri oleh orang tua / wali murid, guru serta peserta didik kelas 9 dan pengurus komite sekolah kegiatan berlangsung di selasar musholla. Ustadz Rahmat Abu Bakar sebagai narasumber menyampaikan 3 point penting untuk menuju sukses, baik sukses UN untuk para peserta didik maupun sukses mendidik anak bagi orang tua. Untuk menuju sukses maka setiap orang memiliki 3 hal yang bisa disebut Be-Do-Have. Pertama, untuk proses “Be” (menjadi) maka perbaiki sikap. Kedua, proses “Do” (melakukan) sesuatu dengan memperbaiki sikap dan usaha. Lalu yang ketiga kita akan mendapatkan “Have” (memiliki) anak yang sholeh, sukses dan lain sebagainya.

Ustadz Rahmat yang juga sebagai motivator memiliki lembaga Pusat Pemberdayaan Umat Annahl untuk yatim dan dhuafa serta muallaf memberikan 3 kunci dari perbaikan sikap (“Be”). Dalam memperbaiki sikap kita sejatinya hanya bersadar kepada keimanan. Yakin kepada Allah akan semua karunia dalam diri kita dan anak-anak kita. Selain rukun iman yang enam yang mutlak harus kita yakini maka selanjutnya adalah mengimani kebenaran adanya potensi yang luar biasa dalam diri, laqod kholaqnal insaana fii ahsani taqwiim. Kemudian selanjutnya kita pun harus mengimani kebenaran adanya hukum pembalasan akhir dari setiap yang dikerjakan. Terakhir kita mengimani kebenaran setiap ujian dan cobaan pasti ada hikmah dan pelajaran.

Dengan demikian setelah perbaiki sikap kita maka kita akan unggul, menang, sukses dan tercerahkan. Tak lupa ustadz Rahmat pun mendoakan anak-anak kita yang akan melaksanakan UN agar diberi kelancaran dan hasil yang maksimal.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh bapak Ahmad Fauzi, S.Pd.I. dan dilanjutkan ramah tamah serta mushofahah.