Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis E-Learning Dan Google Meet Terhadap Hasil Belajar IPA

Siswa Kelas 8 SMPI MENTARI INDONESIA

Oleh : Pratiwi Phuspita Ningrum, S.Si
NIY. 01070 8170 36

(Guru Bidang Studi IPA SMPI Mentari Indonesia)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran daring berbasis e-learning dan google meet terhadap hasil berlajar IPA di kelas 8 SMPI Mentari Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2021. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2021 dan siklus II dilaksanakan tanggal 13 April 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan siklus I dan II (Tafsir, 2011). Adapun sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah kelas 8 Bali dan Sulawesi yang berjumlah 48 Siswa dari 72 siswa.

Data yang dikumpulkan melalui observasi dan angket dengan analisis data secara deskriptif (Sahputra dalam Sudiono, 2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan berbasis e-learning dan google meet dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Adanya perubahan yang terjadi dapat dibuktikan dengan hasil belajar Siklus I dalam persentase adalah 25 siswa (52,1%) tuntas, dan 23 siswa (47,9%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 65,75. Pada Siklus II adalah 41 siswa (85,5%) tuntas, dan 7 siswa (14,5%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 85,5. Peningkatan ketuntasan belajar dari Siklus I ke Siklus II sebesar 33,4%.

Kata kunci : E-Learning, Google Meet, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Klik Lanjutkan untuk membaca full.