Rabu, 25 Januari 2017 bertempat di lapangan SMPI Mentari Indonesia mengadakan launching Ayo Gemar Membaca bersama seluruh siswa dan guru-guru. Program Ayo Gemar Membaca (AGM) dilaksanakan bekerjasama dengan coach Juli Nogroho, founder Ayo Gemar Membaca. Coach Juli merupakan praktisi berpengalaman di bidang komunikasi dan marketing bisnis yang concern kepada pengembangan sumber daya manusia Indonesia untuk mempunyai daya saing, salah satunya melalui membaca. Melihat rendahnya minat baca di Indonesia maka dengan menggandeng beberapa kolega yang memiliki visi yang sama coach Juli membuat program AGM di sekolah-sekolah.

Sebagaimana dilansir di website www.ayogemarmembaca.com, gerakan AGM ini berupaya untuk mensinergikan potensi yang ada pada ketiga pilar yaitu pemerintah-swasta-masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana kondusif bagi terciptanya masyarakat yang gemar membaca. Sebagai langkah awal, diperlukan suatu kegiatan yang dapat menarik minat masyarakat untuk mau memulai membaca hingga lambat laun menjadi gemar membaca. Pada tataran sekolah coach Juli mengharapkan kebiasaan membaca ini bisa menjadi satu gerakkan yang menginspirasi.

Dalam sambutan kepala sekolah bapak Bhayu Sulistiawan, S.Pd.I menyampaikan satu hasil penilitian yang pernah disampaikan pak Anies Baswedan, Ph.D saat menjadi Mendikbud. Pak Anies pernah menyampaikan bahwa kondisi minat baca bangsa Indonesia memang cukup memprihatinkan. Berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Untuk menumbuh kembangkan gemar membaca agar membudaya maka diperlukan target awal untuk membaca sebagai rutinitas.

Kerjasama yang ditawarkan coach Juli ini disambut dengan antusias. Guru-guru pun kembali mendapatkan suntikan semangat untuk terus menyebarkan semangat literasi. Beberapa kegiatan yang kami laksanakan di sekolah seperti baca senyap melalui reading corner untuk murid setiap awal memulai pelajaran hingga review serta bedah buku yang sudah dibaca pada tiap semesternya oleh para siswa. Pada tataran guru kami pun mengadakan kegiatan Jum’at Ngeblog, Guru Menulis untuk website sekolah di www.smp.mentariindonesia.sch.id serta buletin sekolah. Pada kelanjutannya kami pun sedang mencanangkan penerbitan buku antologi (kumpulan tulisan) guru-guru.

Terima kasih juga kami ucapkan kepada para sponsor dan partnership yang mendukung kegiatan ini. Beberapa bantuan yang diberikan diantaranya buku-buku bacaan dari Kompas Gramedia, papan mading dari Semen Merah Putih, bingkisan dari Wings Corporation, Ciptadent, Dua Kelinci. Kedepannya program ini akan dilaksanakan di sekolah dimana siswa pun bisa mengirimkan tulisan yang akan dipublish di website ayogemarmembaca.com sehingga para siswa akan memiliki kegemaran membaca untuk menunjang masa depan yang menuntut kita memiliki keterampilan literasi yang produktif. (admin)